Makanan Unik Kuansing, Kue Kantong Semar (Pipiuak)

Share it Please


                  KUE KANTONG SEMAR (PIPIUAK) 
Cr : Lenny Diary
         
      
          Kali ini saya akan membahas salah satu pagangan atau masakan tradisional yang bungkusnya berasal dari salah satu jenis tumbuhan insektivora yaitu kantong semar atau dikampung saya namanya pipiuak . Sebelum kita mengenal apa itu makananya lebih baik kita tengok siapa sebenarnya si kantong semar ini.

                      KANTONG SEMAR(Nepenthes Sp.)

     Tumbuhan karnivora ini menangkap makanan (serangga) melalui kantongnya. Tumbuhan ini memproduksi beberapa kelenjar nektar berada di bawah tutup dan di dalam mulut kantong diproduksi. Kelenjar ini berfungsi untuk menarik perhatian serangga atau binatang lain untuk mendekati tumbuhan ini yang selanjutnya akan dia ‘makan’. Pada permukaan dalam kantong terdapat sejumlah bulu, bulu-bulu ini diduga memiliki fungsi sebagai alat peraba/ sensor pada tumbuhan tersebut. Serangga yang hinggap/ mampir di mulut kantong ini akan langsung tergelincir dan akan tenggalam di dalam kantong yang berisi cairan kental dan lengket, dan binatang tersebut tidak akan bisa keluar hidup-hidup.Awalnya kantung semar “memancing” serangga dengan cara mengeluarkan aroma dari kelenjar nektar di kantongnya, supaya mendekati bibir kantong. Setelah itu serangga akan tergelincir dan masuk ke dalam kantung dan terjebak dalam cairan kantung. Cairan asam berfungsi mencabik-cabik tubuh serangga menjadi molekul besar yakni protein. Nepenthes alata Selanjutnya kantung semar mengeluarkan enzim proteolase (nephenthesin) sebagai enzim pengurai protein menjadi zat-zat sederhana (nitrogen, fosfor, kalium & garam-garam mineral). Zat-zat ini yang akan diserap menjadi nutrisi makanan. Cara kerjanya sama dengan lambung manusia.



          
       Dari uraian diatas kita harus tahu gan bahwa tumbuhan yang memiliki nama latin Nephentes ini  merupakan salah satu jenis tumbuhan langka bahkan dilindungi. Namun sekarang populai dari tumbuhan insektivora ini sudah berkurang akibat ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab seperti pembakaran hutan , perburuan tumbuhan ini karena nilai jual dari tanaman ini sangat lah tinggi.oleh karena itu kita harus bijak dalam menjaga alam ini,kalau hanya sekedar untuk mengambil sebagai bungkus makanan tradisional tentu tumbuhan ini tidak akan rusak ataupun musnah.

KUE KANTONG SEMAR


         Kue Kantong Semar merupakan makanan khas dari Kabupaten Kuansing-Riau. Untuk di Muara Lembu Kue ini lebih dikenal dengan nama Pipiuak, panganan tradisional yang berbungkuskan kantong semar/periuk kera.Namun makanan yang berbungkus dengan kantong semar ini tidak juga dikenal disumatra saja gan, Makanan yang satu ini juga makanan khas yang berasal dari pulau kalimantan gan tepatnya didaerah kalimantan barat dan masyarakat disana menyebutnya dengan nama singkawang . bedanya masyarakat kalimantan mengunakan kacang merah sebagai toppingnya. Kue Kantong Semar ini biasanya diisi dengan campuran tepung beras, gula, santan dan kelapa muda atau juga bisa diisi dengan beras ketan, gula dan santan. .

        Namun ada juga sebagian orang menambah kan pisang yang sudah matang pada campuran beras ketan tersebut. Panganan ini sering disajikan saat acara-acara tertentu seperti acara adat, pernikahan, kenduri dan hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.


      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About