Mendaki dan Camping di Gunung Sibayak

Share it Please
Hallo sobat traveler, Sumatera Utara tidak hentinya menawarkan berbagai pesona dalam bidang pariwisata. Menjamurnya berbagai objek wisata di seluruh bagian Sumatera Utara menjadikan Provinsi Danau Toba ini menjadi Destinasi Unggul di Indonesia salah satunya Destinasi Gunung Sibayak. Gunung dengan ketinggian 2.094 Mdpl ini menawarkan pendakian yang mudah bagi para wisatawan dan cocok bagi para pemula.

Cr.Amel

Lokasi dan Akses menuju Gunung Sibayak
Gunung Sibayak terletak di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Secara Administratif bentangan Gunung Sibayak termasuk bagian wilayah Taman Hutan Raya (TAHURA) Bukit Barisan.

Masyarakat Karo menyebut Gunung Sibayak dengan " Gunung Raja " dikarenakan arti "Sibayak" sendiri adalah Raja. Puncak tertinggi dari Gunung Sibayak senndiri disebut "Takal Kuda" yang berarti Kepala Kuda . Gunung Sibayak merupakan gunung berapi aktif dengan kawah belerang seluas 40.000 Meter dan meletus terakhir pada tahun 1881.

Gunung Sibayak ini berada sekitar 80 Km Barat Daya dari Kota Medan dengan waktu perjalanan kuarang lebih 2,5 jam dari Kota Medan. Lama pendakian diperkirakan lebih kurang 2 - 3 jam.

Untuk jalur pendakian, sesampainya di Berastagi tersedia tiga jalur pilihan pintu masuk pendakian yang dapat dipilih untuk menuju puncak Gunung Sibayak. Tiga jalur tersebut adalah Jalur Desa Semangat Gunung atau Desa Raja Berneh, Jalur Jarang Uda dan Jalur 54.

Jalur Pendakian Gunung Sibayak Cr.Amel

Untuk akses kendaraan kita bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil namun juga bisa menggunakan kendaraan umum seperti Bus Sutra, Almasar dan Sinabung Jaya dari Kota Medan. Selanjutnya kita bisa menggunakan Bus Kama menuju pintu masuk jalur pendakian. Kendaraan dapat diparkirkan pada pos pertama dengan biaya parkir sekitar Rp15.000/Motor dan Rp 20.000/Mobil. Untuk biaya retribusi yaitu Rp.10.000/Orang juga dibayarkan pada pos pertama.

Daya Tarik Dan Keindahan Gunung Sibayak
Berkemah di Gunung Sibayak dapat dijadikan pilihan yang tepat dengan pendakian yang tidak memakan waktu berhari hari namun dapat menyaksikan kemegahan Gunung Sibayak yang memukau. Berkemah di sekitar kawah Gunung Sibayak akan menawarkan sensasi yang berbeda dengan kemuculun asap belerang dan suara gemuruh di sekitar kawah.

Sunrise di Gunung Sibayak
Pendakian ke Gunung Sibayak belum lengkap jika tidak mengabadikan momen dan pesona matahari terbit dan matahari tengelam. Pemandangan matahari dari puncak gunung sibayak dapat mebuat kita terkagum dengan kilauan cahaya matahari yang menerpah wajah memberikan suasana hangat menggantikan suasana dingin di puncak Gunung Sibayak.

Sunset di Gunung Sibayak Cr.Amel

Mendaki dan Camping di Gunung Sibayak

Sabtu tanggal 08 Februari 2020, kami anggota Baer Baer (Amel, Nia, Tifeh, Lisbet, Tanaka, Chris, Juljul, dan Oky) minus banyak, berangkat menuju Gunung Sibayak yang merupakan salah satu dari jutaan rencana yang Allhamdulillah tercapai. Sehari sebelumnya kami telah meyiapakan segala perlengkapan dan kebutuhan selama perjalanan berupa tenda, matras, kompor, makanan (Makanan utama + Snack) dan alat pribadi. Untuk makanan kami telah meyiapkan makanan untuk 2 kali makan di sore hari dan untuk besok paginya.

Pendakian Gunung Sibayak Cr.Amel

Kami berangkat dari Medan sekitar pukul 09:00 menggunakan 4 sepeda motor, kami berangkat menuju berastagi kemudian menuju post pertama. Sesampainya di post pertama kami melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki , memakan waktu sekitar 2 jam hingga sampai puncak gunung. Kami langsung  mendirikan tenda. Kami mendirikan 2 tenda dengan cewek dan cowok terpisah.

Cr.Haniyah

Setelah mendirikan tenda, kami langsung mengambil beberapa foto sambil menunggu sunset, menikmati matahari senja di puncak gunung adalah momen yang sangat menyenangkan bersama teman temanmu. Hingga keadaan mulai gelap kami bersiap siap dengan menghidupkan api disekitar tenda, kami menghabiskan malam dengan bercengkrama dan akhirnya tidur.

Cr. Tanaka

Pagi pagi kami bangun untuk menunggu matahari terbit dan tidak lupa juga kami mengabadikan momen ini. Sekitar jam 9 kami mulai bersiap siap membereskan seluruh peralatan dan tidak lupa juga membersihkan sampah di sekitar tenda kami. kami turun dan pulang kembali menuju medan.