Ini Dia ! Ternyata Kabupaten Kuantan Singingi Memiliki 23 Air Terjun Yang Menakjubkan

Share it Please




Sejak akhir 2015 banyak bermunculan air terjun baru yang ditemukan dikuansing .Mulai dari air terjun yang berada didaerah singingi hingga di daerah hulu kuantan yang sekarang menjadi pusat wisata jika hendak pergi ke kuansing.

Kecamatan Singingi

1. Air Terjun Tasam Kiri dan Tasam Kanan (Petai, Kecamatan Singingi Hilir)

Air terjun ini berada di desa petai tepatnya di daerah rimba baling singingi hilir. Namun,Akses jalan menuju air terjun  tersebut sangatlah minim dan kurang terjamah oleh masyarakat . air terjun tersebut memiliki  keindahan luar biasa dengan air terju nya yang indah dan kolam yang sangat luas untuk berenang. Kawasan yang menjadi hutan konversi itu memiliki banyak objek wisata yang indah dan dikelilingi oleh hutang yang masih alami dan lebat

Cr.Internet


Cr.Internet
                                      

2. Air Terjun Hulu Lombu(Muara lembu, Kecamatan Singingi)

Air terjun yang baru ditemukan sejak akhir 2015 kemarin tersebut sudah menjadi daya tarik masyarakat dan pengunjung. Air terjun yang berada di desa muara lembu memiliki dua air terjun yang satu tidak terlalu tinggi dan air terjun yang kedua tepat berada diatas air terjun yang pertama memiliki ketinggian sekitar 30 meter. sejak ditemukan air terjun Hulu Lombu ini sudah banyak pengunjung yang berdatangan untuk liburan maupun melepas penat dalam seminggu.







3.Air Terjun Sikonda (Pangkalan Indarung, Kecamatan Singingi)

Air terjun yang terletak di desa pangkalan indarung ini juga memiliki daya tarik terhadap pengunjungnya.akses jalan yang sangat mudah menuju air terjun tersebut karena air terjun tidak jauh dari desa pangkalan indarung.dikelilingi oleh hutan yang masih asri dan alami membuat pengunjung maupun masyarakat yang berkunjung kagum akan air terjun tersebut.

Cr.Internet
                                       
4. Air Terjun Simacang (Muara Lembu, Kecamatan Singingi)

Air terjun simacang adalah air terjun yang baru saja ditemukan di daerah kuansing ,tepatnya didesa pulau padang. air terjun ini memiliki satu air terjun yang indah namun tidak terlalu tinggi .juga memiliki kolam yang luas untuk berenang. sekarang air terjun ini sudah ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar tersebut.

Cr.Internet
                                 

5.Air terjun Lombu Joniah (Pulau Padang, Kecamatan Singingi)

Air terjun ini juga berada di desa pulau padang tepatnya di sungai lombu joniah.air terjun ini juga baru ditemukan oleh masyarakat sekitar daerah tersebut dan sekarang juga sudah ramai dikunjungi masyarakat sekitar yang mengetahui air terjun tersebut.

6.Air Terjun Ongau(Gunung Balai, Kecamatan Singingi)

Air terjun yang berada di perkebunan sawit masyarakat tepatnya dipendakian 700 yaitu didesa muara lembu. Namun air terjun ini belum banyak masyarakat yang mengetahuinya.

Cr : Instagram
                                 

 7.Air Terjun Air Keruh (Gunung Balai, Kecamatan Singingi)

Air terjun yang masih belum ada kases jalan menuju air terjun tersebut,namun masyarakat yang berada disekitar air terjun tersebut sudah mengetahui air terjun tersebut namun belum ada akses jalan menuju air terjun tersebut.kata masyarakat sekitar air terjun ini sangatlah indah dan memiliki gua disamping air terjun tersebut.

9.Air Terjun Sungai Tangko (Petai, Kecamatan Singingi)

Air terjun yang berada di desa petai tepatnya di kawasan konversi rimba baling.air terjun yang baru ditemukan ini memiliki gua buntu dan kolam yang cukup luas untuk berenang.Namun akses jalan yang kurang memadai menjadi penghambatnya.Ditemani dinginya rimba baling membuat siapa saja yang kesana menjadi nyaman.

Cr.Internet

Cr.Internet
                                      

 10.Air terjun Panguen (Sungai Paku, Kecamatan Singingi Hilir)

Air terjun ini berada di desa sungai paku,singingi hilir.air terjun tidak terlalu tinggi namun memiliki klam yang cukup luas dan air yang sangat dingin.didekat air terjun terdapat pohon yang condong kearah air terjun dan banyak batu besar(karak)di kolam air terjun tersebut.

Cr.Internet
                                  

11. Air terjun pandakian lubis(Petai,kecamatan singingi hilir)


 Kecamatan Hulu Kuantan 

12.Air Terjun Samburuh/Samburuah (Serosah, Kecamatan Hulu Kuantan)

Air terjun yang berada di desa serosah ini juga termasuk air terjun yang baru diketahui oleh masyarakat ,air terjun memiliki air terjun yang terlalu tinggi dan kolam yang lumayan luas untuk berenang .dan kata masyarakat disekitar situ juga terdapat lagi air terjun lain yang tidak jauh dari air terjun samburuh tersebut dan memiliki air yang berwarna biru tutur masyarakat disitu.namun belum banyak diketahui oleh masyarakat.

13.  Air Terjun Batang Koban (7 Tingkat) (Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan)

Air terjun tujuh tingkat atau batang koban adalah air terjun yang sudah menjadi ikon dan objek wisata bila berkunjung ke kuantan singingi.air terjun ini memiliki tujuh tingkatan air terjun yang sangat indah.air terjun sudah diperhatikan oleh pemerintah sejak lama sehingga air terjun ini memilki akses jalan yang cukup memadai dengan menaiki perahu(pompong)menuju air terjun tersebut.


                                        

 14. Air Terjun Batang Ogan (Tangogan)( Lubuk Ambacang, Kec. Hulu Kuantan )

Air terjun Batang Ogan berada di lubuk ambacang tepatnya dikecamatan hulu kuantan.air terjun ini memiliki ngarai yang indah serta kolam yang sangat luas untuk orang yang suka berenang.sejak ditemukan diawal 2016 kemarin air terjun ini sudah ramai dikunjungi oleh masyarakat di daerah tersebut maupun masyarakat dari luar daerah tersebut.selain karena kases jalan yang mudah air terjun ini juga memilki keindahan yang menarik pengunjung dengai ngarai yang tinggi dan kolam yang luas.


                                                        
 15. Air Terjun Anak Sungai Kandi ( Sungai Kelelawar, Kec. Hulu Kuantan )

Air terjun yang berada didesa sungai kelelawar ini memilki dua tingkat air terjun .tingkatan pertama terdapat air terjun yang tidak telalu tinggi dan tingkatan yang kedua yaitu air terjun dengan ketinggian 30 meter.air terjun ini termasuk kelompok air terju yang baru ditemukan dan sudah ramai oleh pengunjung. Namun akses jalan yang kuarang memadai .


                                     
Selengkapnya>>>


 16.Air Terjun Anak Sungai Sako ( 3 tingkat) (Sungai Kelelawar, Kec. Hulu Kuantan)

Kecamatan Kuantan Mudik

17. Air Terjun Guruh Gemurai terletak ( Desa Kasang, Kec. Kuantan Mudik )

Air terjun guruh gemurai atau kasang ini merupakan air terjun yang juga menjadi objek wisata bila berkunjung ke kuantan singingi.air terjun yang lima tingkatannya ini sangat ramai dikunjungi oleh pengunjung maupun masyarakat kuantan singingi sendiri.dengan akses jalan yang mudah membuat air terjun ini ramai dikunjungi oleh pengunjung .namun kurangnya kesadaran dalam menjaga lingkungan membuat objek wisata air terjun ini tercemari oleh sampah sampah pengunjung.




18. Air Terjun Mamughai Air Hitam (Desa Kasang, Kec. Kuantan Mudik) 

Cr.Internet

Cr.Internet
                                      


19. Air Terjun Sonsang (Desa Kasang, Kec. Kuantan Mudik )

Cr.Internet
                                     


20. Air Terjun Patisoni (Cengar, Kec. Kuantan Mudik )

Air terjun yang berada didesa seberang cengar ,sekitar 22 kilometer dari kota teluk kuantan.Melewati perkebunan dan hutan rimba yang masih lebat membuat suasana trip akan terasa menantang . Air terjun pati soni ini memilki tiga tingkatan dengan  ketinggian sekitar 30 meter dan jarak antar tingkatan sekitar 10 meter.Selain itu air terjun ini juga memilki goa disampingnya yang membuat semakin indahnya kekayaan kuansing yang satu ini. Dan akses jalan menuju air terjun tersebut masih jalan setapak.

Cr.Internet
                                         

21. Air Terjun Batu Gajah (Cengar, Kec. Kuantan Mudik )

Cr.Internet
                                     

22.Air Terjun Sungai Hitam(Kasang, Kec.Kuantan Mudik)

Air terjun yang sangat baru ditemukan oleh kesatuan pemangku hutan lindung (KPHL) Selatan Dinas Kehutanan Kuansing.  Air terjun ini dinamai air terjun Sungai Hitam, terletak di desa Kasang kecamatan Kuantan Mudik  berjarak lebih kurang satu kilometer dari air terjun Guruh Gemurai yang juga berada di desa Kasang .Air terjun yang memilki dua undakan dan tingginya sekitar 30 meter ini berada dikawasan hutan lindung bukit betabuh yang membuat daerah asri nan indah semakin elok dipandang.

 Kecamatan Pucuk Rantau 

23. Air Terjun Dangku (Pantai Lubuak Ramo, Kec. Pucuk rantau)

Air terjun yang berada didesa lubuk ramo ini juga termasuk air terjun yang baru ditemukan didaerah kuansing.air terjun ini memilki satu tingkat dengan ketinggian sekitar 15 meter dengan kayu melintang yang berada di bawah air terjun tersebut.perjalanan dari desa  lubuk ramo menuju lokasi sekitar satu setegah jam dengan akses jalan yang masih terbilang susah.

Cr.Internet
                                    


HARAPAN PENULIS

Kuantan singingi adalah salah satu kabupaten yang juga dilewati oleh kawasan bukit barisan yang membentang di sumatera. Hal ini juga menyebabkan Kabupaten Kuantan Singingi kaya akan objek wisata yang indah indah dan alam yang sangat indah contohnya air terjun. Objek wisata air terjun merupakan potensi bagi masyarakat kuansing untuk menjadi Kabupaten Kuantan Singingi ini terkenal diberbagai daerah lainnnya.

Banyaknya objek wisata air terjun yang terdapat Kuantan Singingi baik diharapkan dapat meningkatkan Keanekaragaman objek wisata yang ada di kabupaten kuantan singingi itu sendiri. Sekarang kuantan singingi sudah memilki 23 air terjun  mungkin ada lagi yang masih belum diketahui.

Namun juga perlu kesadaran bagi kita masyarakat kuantan singingi untuk tidak merusak dan selalu menjaga daerahnya sendiri. Jika setiap masyarakat kuansing turut andil dalam melestarikan daerah yang kaya akan potensi ini maka akan terciptalah kabupaten yang dapat diakui oleh daerah lainnnya.semoga kuantan singingi dapat menjadi kabupaten dengan seribu air terjun.

Saya mohon maaf apabila dalam artikel ini terdapat kesalahan dalam penulisan kata atau nama daerah dan apabila ada foto atau gambarnya saya mohon maaf dan bisa menyertakan nama di komentar. 

Gimana gan ! masih ragu datang kekuansing. Ayo kekuansing explore wisata yang ada di kuansing.
jangan lupa share ya gan. Ditunggu komentar komentarnya ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About